3 Jan 2016

Pentingnya Berbicara yang Baik dan Benar

Ayat-ayat Al-Qur'an yang berbicara tentang ucapan selalu menarik saya
dan selalu saya ajarkan kepada anak-anak. Ayat-ayat itu adalah:

1. قول معروف ومغفرة خير من صدقة يتبعها اذى

Ucapan yang baik dan (doa memohon) ampunan itu lebih baik dari pada
pemberian yang diikuti dengan sikap menyakiti (Qs2:256)

2. وقولوا لهم قولا سديدا

Dan ucapkanlah perkataan yg benar (Qs 4:9)

Dan masih banyak lagi, ayat-ayat di dalam Al-Qur'an yang berbicara
tentang ucapan dan perkataan. Kenapa masalah ucapan itu menjadi
perhatian Al-Qur'an? Banyak yang tidak memahami bahwa ucapan itu
menggambarkan harga diri dan kehormatan. Ini bukan semata-mata soal
pilihan bahasa. Tapi, lebih kepada bobot atau isi omongan. Betapa
banyak orang yang mengaku halus berbahasa tapi isi ucapannya adalah
hinaan dan menjatuhkan martabat. Hinaan tetaplah hinaan meskipun
diucapkan dalam bahasa sunda atau Jawa yang halus. Pujian tetaplah
pujian meskipun diucapkan dengan bahasa Jakarta jalanan.

Saya tidak peduli dengan bahasa apa anak-anak saya berbicara. Bagi
saya, yang terpenting adalah mereka tidak menghina atau meremehkan
orang lain dengan ucapannya. Cukuplah kita saja yang diremehkan,
asalkan kita tidak meremehkan orang lain. Cukuplah kita saja yang
dihina orang lain, asalkan kita tidak menghina.

لا تحتقر احدا فان لكل شيء مزية

Jangan kamu hina seseorang, karena setiap sesuatu mempunyai keistimewaan,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar